Lomban Resmikan Puskesmas Paceda

Lomban Resmikan Puskesmas Paceda

Monday, 8 April 2019, April 08, 2019



CSN,Bitung - Usai merampungkan bangunan fisik dan fasilitas pelayanan kesehatan, Wali Kota Bitung, Max J Lomban SE MSi, meresmikan gedung baru Puskesmas Paceda, Senin (8/4) kemarin, di Kelurahan Madidir Unet, Kecamatan Madidir. Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Bitung, Max J Lomban SE MSi, didampingi Sekkot DR Audy Pangemanan, dan Kadis Kesehatan dr Franky Soriton MPHM.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Frangky Soriton MPHM dalam laporannya mengatakan, pembangunan Puskesmas Paceda menelan anggaran Rp5,6 Miliar. "Fasilitasnya sesuai Permenkes Nomor 75 tahun 2014 dilengkapi fasilitas ruang persalinan, ruang Inap anak, ruang Inap laki-laki, ruang Inap perempuan, ruang pemeriksaan gigi, ruang pemeriksaan umum dan ruang pemeriksaan penyakit dalam,"ujar Soriton. 


Dalam kesepatan ini, Lomban mengatakan, penambahan fasilitas kesehatan tersebut merupakan program pembangunan fisik Pemerintah Kota Bitung di bidang kesehatan, yang akan membantu mempermudah masyarakat dalam berbagai hal, terkait dengan penanganan masalah kesehatan. “Paradigma masyarakat tentang peran dan fungsi Puskesmas harus diubah. Puskesmas dapat diketahui penyakit apa saja dan akan dibantu sedini mungkin,”ujarnya.

Lanjutnya juga, Lomban meminta warga memanfaatkan fasilitas kesehatan yang telah dibangun Pemerintah. “Puskesmas yang baru ini, akan sangat mempermudah bagi masyarakat yang akan berobat. Hal itu dikarenakan lokasinya yang sangat strategis tepat berada di pinggir jalan, berbeda dengan tempat yang lama yang berjarak kurang lebih 800 meter dari akses jalan utama,”ujarnya.

Lomban berharap, seluruh masyarakat yang ada di Kecamatan Madidir akan terbantu dengan adanya sarana penunjang kesehatan masyarakat ini. “Saya minta warga menjaga kebersihan agar Puskesmas ini tetap bersih dan memberikan manfaat bagi warga yang akan datang berobat,”ujar Lomban yang juga Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Sulut ini.



Dalam kesempatan tersebut juga, Lomban menyalurkan insentif bagi 112 Hamba Tuhan, 85 orang Tenaga Harian Lepas, 243 Kepala Lingkungan dan Ketua RT serta 529 tenaga kerja informal melalui program tali kasih, serta menandatangani prasasti peresmian Aula Kecamatan Madidir. (ALe).

TerPopuler