DPRD Segera Paripurnakan Ranperda Perlindungan Perempuan dan Anak

DPRD Segera Paripurnakan Ranperda Perlindungan Perempuan dan Anak

Tuesday, 12 March 2019, March 12, 2019


CSNBitung,-Setelah melalui studi perbandingan luar daerah dan tahapan pembahasan, Pansus (Panitia Khusus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perlindungan Perempuan dan Anak DPRD Kota Bitung bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, segera rampung dan akan diparipurnakan dlam waktu dekat ini.

Hal ini diungkapkan Ketua Pansus Ranperda Perlindungan Perempuan dan Anak DPRD Kota Bitung, Rudolf Olo Wantah, saat memimpin rapat pembahasan, Senin (11/3) kemarin di ruang sidang paripurna DPRD Kota Bitung. “Ranperda perlindungan perempuan dan anak ini, sudah dibahas dan akan disetujui untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah, dan akan menggelar  Publik Hearing,”ujar politisi Partai Gerindra ini.

Kepada para wartawan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Bitung, Telly Lengkong mengatakan, Perda tersebut terdiri dari 13 BAB dan 49 pasal. “Dalam Perda tersebut, akan mengatur penanganan pembinaan, pengawasan, reunifikasi, pemberdayaan, pencegahan, rehabilitasi dan pembiayaan yang terserap dari APBD,”ujarnya.

Lengkong menambahkan, Undang-undang perlindungan perempuan dan anak belum cukup untuk menangani korban kekerasan, karena itu, Pemerintah Kota Bitung akan membangun pusat perlindungan terpadu bagi anak-anak korban kekerasan. “Setelah ditetapkan sebagai peraturan daerah, kami akan membentuk pusat pelayanan terpadu atau PPT yang melibatkan instansi kesehatan, pendidikan, sosial, perdagangan, kependudukan, rumah sakit, Polres, LSM dan Perguruan Tinggi,”ungkap Lengkong. (ALe)

TerPopuler