Drainase Pusat Kota Segera Dibenahi

Drainase Pusat Kota Segera Dibenahi

Tuesday, 22 January 2019, January 22, 2019

CSN, Bitung - Banjir yang sering terjadi di Pusat Kota Bitung saat curah hujan tinggi, segera ditindak lanjuti Pemerintah Kota Bitung.

Hal ini diungkapkan Sekda Kota Bitung, Audy Pangemanan kepada media ini. “Langkah kongkritnya harus ada pembenahan drainase, kuncinya cuma itu. Kalau tidak maka kondisi serupa akan terus terjadi, dan kondisi ini menimbulkan kerugian materi,"ujarnya.

Pangemanan mengakui, pembenahan drainase ini gampang-gampang susah. Artinya, untuk pengerjaan adalah hal yang gampang namun realisasinya tidak demikian.

"Sebab drainase yang ada di Pusat Kota terhubung dengan kawasan pelabuhan. Nah, kita tahu bersama pelabuhan itu ada otoritas sendiri, yang tidak bisa kita intervensi. Itulah yang jadi kendalanya,"jelasnya.

Meski demikian, baru-baru ini PT Pelindo sudah memberi keluasan kepada pemkot Bitung,  BUMN tersebut mempersilahkan Pemkot Bitung membenahi drainase yang terhubung dengan areal pelabuhan.

"Mereka mendukung dan menyatakan siap untuk membantu. Mereka akan membenahi juga drainase yang ada di kawasan pelabuhan. Nah, ini sangat bagus karena bisa mengurangi ancaman banjir,"tuturnya.

Sebelumnya, Camat Maesa Sefferson Sumampouw pernah mengungkap penyebab banjir di Pusat Kota Bitung. Menurut dia, hal itu dikarenakan drainase di dalam pelabuhan kecil sehingga menghambat aliran air ke laut.

"Jadi seperti bottle neck (leher botol,red). Di luar pelabuhan drainasenya besar tapi begitu mendekati areal pelabuhan jadi menyempit. Inilah yang menyebabkan air selalu meluap karena alirannya tidak lancar,"paparnya.

(*red)

TerPopuler