Dana Hibah 17 Juta, Yaskur Menilai Masyarakat Gagal Paham

Dana Hibah 17 Juta, Yaskur Menilai Masyarakat Gagal Paham

Sunday, 27 January 2019, January 27, 2019

CSN, Bitung - Dana hibah senilai 17 juta dari Kementrian menjadi trending topic masyarakat kota bitung beberapa hari terakhir ini. bahkan berbagai pertanyaan perihal kebenaran dana tersebut juga mewarnai media social.

Terkait maraknya isu yang beredar, Sekretaris DPC Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo) Kota Bitung Yaskur Gobel angkat bicara.

Yaskur menjelaskan, bahwa bantuan tersebut tidak melalui Dinas Koperasi dan UKM Provinsi maupun Kota, karena yang dipercayakan mengurus adalah Hipmikimdo pusat atau DPP yang telah memiliki perwakilan di sejumlah daerah, termasuk Kota Bitung.

“Ini bukan dana hibah, melainkan bantuan untuk wirausaha pemula dari deputi Koperasi dan UKM RI lewat Hipmikimdo, bantuan ini diloby langsung DPP Hipmikimdo ke kementerian untuk memperkuat para pelaku UKM pemula lewat modal usaha,” kata Yaskur kepada sejumlah wartawan, Sabtu (26/01).

Yaskur juga sangat menyangkan adanya informasi-informasi yang berseliweran di Media social tanpa meminta konfirmasi terhadap dirinya sebagai pengurus Hipmikimdo Kota Bitung.

Yaskur mengakui, memang ada kesalahan dalam pelaksanaan program ini, yang mana pihaknya belum melaporkan dan berkoordinasi denga pemerintah kota dalam hal ini Wali Kota Bitung. Yaskur berjanji, secepatnya pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pemerintah Kota.

"Secepatnya, rencananya hari senin kita akan menghadap kepada Wali Kota untuk melaporkan dan menjelaskan perihal ini", kata Yaskur.

Perlu diketahui, untuk bisa mendapatkan bantuan tersebut, pengusaha harus menjadi anggota Hipmikimdo terlebih dahulu dengan memasukkan berkas berupa foto copy KK, KTP, NPWP dan surat keterangan usaha. dan setelah itu, akan ada pelatihan wirausaha pemula dari kementerian dan Hipmikimdo, dan anggota mendapatkan sertifikat wira usaha.

"Setelah semua tahapan itu selesai, dana bantuan akan dikucurkan melalui rekening masing-masing penerima sebesar Rp17 juta, dan ingat, ini bukan dana hibah, tapi dana bantuan untuk para pengusaha mikro kecil dan menengah", Tegas Yaskur.

(*red)

TerPopuler